Tips merawat taman pasca banjir

Sangkarmas 
Mengingat bencana banjir kerap kali menerjang di berbagai kota khususnya di daerah Karawang tentunya selain membawa kerusakan pada rumah-rumah, banjir juga mampu merusak pekarangan rumah Anda. Saat air surut, tiba waktunya bagi Anda menata kembali rumah dan juga taman Anda. Rancang kembali taman Anda yang rusak dihantam banjir, dan jangan lupa siapkan juga strategi jitu untuk merawatnya.
Berikut ini beberapa tips untuk menyuburkan tanaman dan menghindarinya dari hama:
1.  Lebih cerah
Buat taman Anda tampak lebih cerah dengan menanam bunga-bunga beraneka warna. Bagi Anda penggemar bunga mawar, gunakan abu batang kayu untuk menyuburkannya.
2.  Abu dan air AC
Tabur abu pada akar bunga mawar seminggu sekali dan lihat hasilnya! Bila ingin bunga yang lebih lebat, gunakan air kondensasi AC setiap hari, serta memotong bunga kering. Tumbukan kulit pisang yang telah Anda simpan beberapa hari juga bisa menyuburkan tanaman bunga Anda. Taburkan tumbukan kulit pisang tiap pagi dan sore.
3. Vetsin
Selain kedua solusi ini, Anda juga bisa menggunakan vetsin. Taburkan vetsin ke media tanam dan siram dengan air bersih sedikit-sedikit hingga meresap pada media tanam. Ulangi setiap lima hingga tujuh hari.
4. Serbuk agar-agar
Untuk menjaga kesuburan tanaman, sebaiknya Anda menyiram tanaman Anda setiap hari dan sesekali memberinya pupuk. Namun, ada pengganti pupuk yang bisa Anda gunakan. Pengganti pupuk ini relatif murah, yaitu serbuk agar-agar. Anda hanya memerlukan air panas, air dingin, dan serbuk agar-agar. Caranya juga mudah. Ambil satu sampai dua sendok makan serbuk agar-agar. Larutkan dalam segelas air panas. Setelah larut, tambahkan sedikit demi sedikit air dingin sebanyak tiga gelas. Aduk rata. Setelah larutan siap, segera siramkan pada tanaman di rumah Anda. Berikan seminggu sekali.
5. Berantas hama
Selain merawat, Anda juga harus membantu tanaman Anda "melawan" hama. Untuk membasmi ulat pohon, campurkan kapur sirih dan oli dengan perbandingan 1:1. Ambil sesendok-sesendok dan bungkus dengan daun pisang. Ikatkan bungkus-bungkus daun pisang pada batang pohon Anda. Gunakan juga campuran cabai merah keriting yang dihaluskan dengan blender dan 600 ml air. Jemur campuran ini di bawah terik matahari. Saring, dan masukkan larutan cabai ke botol spray. Kini, Anda punya pestisida buatan Anda sendiri.
Semoga tips ini bermanfaar. Selamat mencoba, semoga taman anda tetap indah

 (Sumber: 200 Ide Kreatif Seputar Rumah)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips merawat taman pasca banjir"

Posting Komentar