Tips Menata Rumah Mungil

Rumah adalah tempat dimana kita Memulai dan Mengakhiri semua aktivitas / rutinitas sehari hari.
Oleh karena itu buatlah rumah kita senyaman mungkin sehingga kita dapat memulai semua rutinitas denga  perasaan nyaman dan juga dapat beristirahat dengan nyaman setelah menjalani aktivitas yang sangat melelahkan.
Berikut beberapa tips untuk menata rumah yang mungil tetapi akan terasa nyaman.


1. Manfaatkan setiap ruangan seefesien mungkin.
Pemanfaatan ruang-ruang kosong yang ada di dalam rumah untuk meletakan barang-barang, seperti ruangan di bawah tangga yang dapat dimanfaatkan sebagai storage. Namun hindari penumpukan barang-barang yang tidak berguna, karena akan membuat lahan rumah semakin sempit.
   

2. Perhatikan pencahayaan dari lampu.
Manfaatkan dua jenis cahaya lampu; kuning dan putih. Cahaya lampu kuning dapat memberikan kesan lebih hangat, segar, alami dan romantis. Sementara cahaya putih akan memberi efek dingin, formal dan tidak alami.
   

3. Pengaturan jendela juga sangat penting,
karena itu sebaiknya saat membangun rumah pastikan jendela dipasangan dengan posisi yang tepat. Hal ini juga berpengaruh pada pemasangan kaca, yang akan memberi manfaat signifikan pada kenyamanan dan kesehatan rumah. Sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan akan memberikan kehangatan dan memperluas sapuan pandangan.
   

4. Pemilihan warna dinding.
Sebaiknya pilih cat dengan warna hangat karena warna gelap cenderung membuat ruangan terkesan lebih sempit. Jika ingin memasang wallpaper, pilih yang bermotif garis-garis tipis, ringan dengan warna lembut atau motif kotak-kotak kecil yang dapat mengistirahatkan pandangan dan merelakskan pikiran.
   

5. Jika rumah Anda terdiri dari dua lantai, pilihlah tangga yang terbuat dari bahan ringan, contohnya, logam.
   



Menata Furnitur Rumah Mungil.
Hadirnya furnitur dalam rumah akan menguatkan karakter diri melalui tampilan interior rumah hunian. Namun, dalam penataan furniture Anda perlu menyesuaikan dengan tema ruangan, baik tata letak, ritme, maupun warnanya. Apalagi untuk rumah mungil dengan luas terbatas, Anda harus benar-benar bisa menyiasati penataan furniture agar tetap tampil nyaman dan menarik.

Untuk penataan furniture pada rumah mungil, Anda bisa merancangnya sendiri yang pastinya hal ini lebih fleksibel. Namun jika harus beli furnitur, maka Anda harus mempertimbangkan fungsi, dimensi, material serta keindahan furnitur tersebut. Karena furnitur juga berperan penting dalam mendukung fungsi ruangan-ruangan sebagai tempat beragam aktivitas keluarga Anda.

Nah… berikut ini adalah tips atau saran menata furniture untuk rumah hunian yang mungil agar tetap tampil nyaman dan menarik.

1. Prioritas
Tak ada salahnya Anda membuat terlebih dulu daftar kebutuhan furnitur yang akan ditempatkan di ruangan berdasarkan prioritas fungsinya, misalnya meja dan kursi di ruang tamu. Bila ruangan tamu Anda sempit, hindari menggunakan rak atau lemari berdimensi besar. Ini akan semakin mempersempit ruangan.

2. Mengukur
Biasakan mengukur terlebih dulu luasan ruang sebelum membeli atau memesan furnitur. Setelah itu, catat lebar dan tinggi ruangan dengan teliti. Mencatat tinggi dan lebar pintu penting diketahui agar memudahkan Anda saat memindahkan furnitur. Di sini, Anda juga perlu memperhatikan jalur sirkulasi penghuni saat berkegiatan di ruangan.

3. Multifungsi
Usahakan agar furnitur tidak hanya memiliki satu fungsi saja, tapi banyak fungsi (multifungsi). Cara ini dapat mengurangi jumlah furnitur yang akan ditempatkan. Misalnya, lemari di ruang keluarga mencakup kebutuhan untuk meletakkan televisi, alat-alat elektronik, tempat menyimpan koleksi CD, rak buku, juga tempat meletakkan foto atau pajangan.

4. Desain simpel
Ada baiknya Anda memilih desain furnitur yang tidak rumit untuk menghindari kesan sempit pada ruang rumah mungil Anda.

Itulah beberapa tips/saran menata furnitur di rumah hunian mungil. Semoga dapat menginspirasi Anda semua untuk menciptakan rumah hunian yang aman dan nyaman.

Salam

Sangkar Mas Team

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menata Rumah Mungil"

Posting Komentar